Selasa, 08 Januari 2013

Pentingnya Mengubah Goodwill Menjadi Uang

By  | Category : Manifesto | January 3, 2013




Saat akan menjual sebuah bisnis, tidak hanya nilai kas dan aset yang dinilai. Lebih dari itu, merek dan reputasi yang dibangun sejak dari awal juga harus menjadi bagian yang tak terpisahkan. Membangun merek dan reputasi tidak bisa dilakukan dalam semalam. Seorang pebisnis menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk menciptkan citra yang positif agar bisnisnya dikenal dan menarik minat konsumen.
Valuasi nilai perusahaan sangat penting untuk diperhatikan sebelum menjual usaha pada pihak lain. Perusahaan yang overvalued tidak akan menarik pembeli sebagaimana undervalued akan menyebabkan kerugian. Oleh karena itu, goodwill yang dimiliki perusahaan harus dikapitalisasi dengan benar.
Goodwill merupakan nilai yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dalam konteks hubungannya dengan konsumen, karyawan, pemasok, dan para stakeholder. Berikut adalah lima strategi untuk mendokumentasikan elemen goodwill perusahaan seperti yang dilansir Inc.
1. Mengukur loyalitas konsumen
Banyak pelaku bisnis yang mengerti pentingnya loyalitas, namun sedikit yang mengatur target loyalitas dan mengukur pertumbuhannya. Loyalitas konsumen adalah representasi hubungan perusahaan dengan komunitas lokal.
2. Mendokumentasikan pencapaian customer service
Sebuah bisnis yang berkaitan erat dengan program pelayanan konsumen memiliki keuntungan dari word of mouth, advokasi media sosial, dan beberapa keuntungan serupa lainnya. Oleh karena itu, pengukuran terhadap interaksi dengan konsumen, efektivitas pelayanan konsumen, serta survey yang dilakukan perlu dibuat dan dikuantifikasi.
3. Memprioritaskan retensi dan pengembangan konsumen
Bagi sebuah perusahaan kecil, hubungan dengan karyawan adalah unsur penting dalam meningkatkan goodwill. Acquisitor akan memberi penawaran lebih tinggi untuk bisnis yang stabil dan mampu menunjukkan tingkat retensi karyawan yang lebih tinggi dari rata-rata.
4. Mendiferensiasi produk dan merek
Perlu disadari bahwa produk atau jasa yang unik akan manjadi daya tarik bagi perusahaan saat akan dijual. Goodwill perusahaan akan meningkat seiring persepsi positif konsumen terhadap produk dan jasa yang ditawarkan.
5. Mem-benchmark segalanya
Benchmark adalah kunci untuk mendemonstrasikan nilai uang dari goodwiil. Dalam pasar “bisnis untuk dijual,” seorang pembeli akan membandingkan nilai sebuah perusahaan dengan perusahaan lain yang masih berada dalam satu industri atau wilayah tertentu. Maka, benchmark harus diterapkan dalam semua aspek bisnis agar mampu menjadi yang terdepan.

source: http://the-marketeers.com/archives/pentingya-mengubah-goodwill-menjadi-uang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar